Rabu, 15 Juni 2016

Tikus dan Pengendaliannya

TIKUS BERES
Tikus beres adalah suatu program pengendalian tikus yang ada disekitar kita dengan cara ramah lingkungan sehingga tidak menggangu aktifitas kita atau kesehatan kita (permasalahan tikus beres) tikus yang ada disekitar kita saat ini bukan asli hewan indonesia melainkan pendatang dari daratan Eropa pada saat pedagang pedagang Spanyol,Belanda dan,Inggris datang ke Indonesia mencari rempah-rempah.

Ada tiga jenis tikus di Indonesia:
  • Tikus jenis pertama yang berukuran paling besar orang jawa menyebut Tikus Werok bahasa latin (Rattus Norvegicus) tikus ini berasal dari norwaygia(norway) bisa mencapai ukuran tubuh 30cm-40cm dengan berat 900g-1kg lebih.Berkembang biak dengan cepat lepsicle 7-11 minggu dengan jumlah anak 9-12 ekor per Induk.Tikus ini hidung dilingkungan yang kotor bersarang di area luar dalam lubang lubang yang dibuatnya tetapi mencari makan ke dalam rumah ataupun ketempat sampai atau area dapur bahkan sampai gudang. 







  •  Tikus jenis kedua disebut Tikus atap (Roof Rats) bahasa latin(Rattus Rattus) berukuran lebih kecil dari tikus Werok hidup di tempat kering bagian plafon atau gudang. Tubuh lebih langsing panjang 17cm sampai 20 cm berat 200g sampai 250g panjang ekor lebih panjang dari panjang tubuhnya (berbeda dari tikus werok yang panjang ekor lebih pendek dari tubuhnya) tikus ini lincah dalam hal memanjat atau berlari diatas tali.






  • Tikus jenis Ketiga tikus yang paling bertubuh kecil orang jawa menyebut nying- nying berukuran 7cm sampai 9cm berat tikus nying-nying dewasa 25g sampai 30g panjang ekor dengan panjang tubuhnya sama,aktif dimalam hari capet berkembang biak, suka dengan biji bijian,serangga tertentu,hidup ditempat yg kering bersarang di box penyimpanan barang atau gudang,mahir memanjat kabel kabel listrik.Tikus tersebut dapat hidup tanpa memerlukan air.Semua ketiga jenis tikus tersebut sebagai pembawa penyakit menular baik melalui kencing ataupun kotorannya.Dalam penelitian bakteri yang berada dalam tikus amat banyak dan lengkap begitu juga virus.  







Pengendalian semua jenis tikus.Ada beberapa faktor :
  •  Faktor yang utama adalaah tingkat kebersihan lingkungan disekitar kita mulai dari dalam rumah kita sampai ke area halaman,selokan,pekarangan kosong atau perbatasan dengan tetangga terdekat.
  • Faktor kedua adalah ketersediaan makanan bagi si tikus berhubungan dengan pembuangan limbah atau sampah kita harus tertutup atau cepat didaur ulang atau dibuang kepenampungan sampah(TPA) yang berjarak cukup jauh dari rumah kita (kurang lebih 500 sampai 1000 m).
  •  Faktor yang ketiga usahakan barang barang atau stok brang yang diam seminggu sekali digeser atau diberishkan sehingga tidak menjadi sarang atau tempat berkembang biak tikus.









 Bila ketiga faktor ini bisa tangani maka tikus tikus yang di rumah kita atau pabrik kita dapat kendalikan dengan baik.Bila anda masih keberatan dan tidak punya banyak waktu untuk mengendalikan tikus anda bisa menghubungi kami.Kami akan membatu dengan cara cara perfesional.
Cv.Profpest Anugrah
Cs:085325352030
Office:024-8500074
e-mail:profpes_Anugrah @yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar